Bolehkan Bayi Makan Pedas dan Usia Berapa Diperbolehkan?

bayi makan

Makanan pedas dapat memicu reseptor rasa sakit di mulut. Hal ini karena makanan pedas memiliki bahan aktif yang dikenal sebagai capsaicin.

Oleh karena itu, banyak orang tua yang mungkin khawatir untuk memperkenalkan makanan pedas pada anak mereka.

Namun masalahnya, orang tua tetap perlu untuk memperkenalkan rasa pedas pada anak agar dapat membuatnya terbiasa dengan citarasa lokal di kemudian hari. Lantas, bolehkah bayi makan pedas dan pada usia berapa diperbolehkan?

Usia Berapa Bayi Boleh Makan Pedas?

Untuk memberikan makanan pedas, seperti menambahkan cabai atau lada pada MPASI sebenarnya boleh-boleh saja.

“Mengenalkan dan memberikan makanan pada bayi itu boleh-boleh saja mungkin sekitar usia bayi menginjak 8 bulan atau 1 tahun. Jangan terlalu cepat,” ucap dr. Iqbal.

Memberikan makanan pedas pada bayi terlalu cepat dapat menyebabkan iritasi di saluran pencernaan si kecil belum sempurna. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan risiko alergi.

“Ingat juga, memberikan makanan pedas pada bayi butuh proses pengenalan terlebih dahulu. Sebaiknya tidak mendadak,” dr. Iqbal melanjutkan.

Melansir dari little foodie club, sebelum memperkenalkan cabai atau lada pada bayi, Anda dapat memberikan rempah-rempah yang dapat memberikan rasa yang tajam pada makanan.

Hal ini agar Anda terbiasa dengan rasa yang tajam, sebelum mencoba untuk mengonsumsi makanan pedas lainnya.

Memasukkan rempah-rempah pada MPASI juga dapat membangun kebiasaan makan yang sehat sejak dini.

Hal ini karena, rempah-rempah tidak hanya menambah rasa, tapi juga dapat memberikan kekuatan antioksidan yang baik untuk tubuh bayi.

Seperti kunyit dan kayu manis, mereka kaya akan fitokimia dan bersifat anti-inflamasi. Kandungan ini sangat baik untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Rempah-rempah lainya, termasuk kapulaga, jahe, bawang putih, pala dan adas, juga baik dikenalkan pada saat bayi berusia 6 bulan atau saat MPASI.

Menggunakan berbagai rempah-rempah dapat membuat makanan terasa lebih enak dan menambah selera makan anak.

Menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu penyedap juga dapat mengurangi ketergantungan anak pada gula dan garam.

Memberikan Bayi Makan Pedas

Anak sudah berusia 1 tahun dan Anda ingin mengenalkan rasa spicy pada mereka? Boleh saja kok Anda mulai memasukkan cabai atau lada pada MPASI.

Salah satunya, ibu perlu mengevaluasi reaksi alergi anak terhadap makanan pedas.

Meskipun makanan pedas jarang memicu alergi makanan, makanan pedas dapat mengiritasi sistem pencernaan dan menyebabkan refluks gastroesofageal.

Namun, jika anak tidak menunjukkan tanda-tanda sakit atau alergi usai mengonsumsi makanan pedas, Anda bisa menambahkan porsi makanan pedas secara bertahap.

Namun, perhatikan usia dan jumlahnya. Berikan secara bertahap sebagai perkenalan. Bila si kecil sakit usai mengonsumsi makanan pedas, berkonsultasilah segera dengan dokter.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *