Konsumsi Sayur Brokoli Secara Teratur Dapat Mengobati Asma

Sayur Brokoli

Sayur brokoli terkenal akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Brokoli juga dapat membantu meningkatkan stamina tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit seperti Asma.

Melansir International Business Times, sebuah studi baru dari Australia menyatakan bahwa konnsumsi sayur brokoli secara teratur dapat membantu mengobati penyakit asma.

“Tes laboratorium telah menunjukkan bahwa konsumsi sayur brokoli dapat mengubah pembentukan saluran napas. Sayuran ini dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah bagi penderita asma,” ucap salah satu peneliti, Nadia Mazarakis.

Studi baru dari UCLA David Geffen School of Medicine juga menyebut bahwa sayur brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang terbukti mampu melindungi sel-sel pembuluh darah.

Temuan manfaat yang terkandung dari brokoli tersebut berawal dari penelitian berskala kecil yang menyertakan 65 pria dan wanita yang di pecah menjadi 2 kelompok.

Kelompok pertama konsentrasi dari kecambah brokoli secara oral selama tiga hari. Kelompok kedua melakukan penelitian dari kecambah alfalfa.

Untuk mengukur tingkat enzim antioksidan, peneliti mencuci saluran hidung kedua kelompok sebelum dan setelah tiga hari dilakukan studi.

Hal ini untuk menentukan tingkat enzim dan antioksidan yang membantu melindungi sel pernapasan. Hasilnya kelompok yang konsumsi brokoli memiliki dosis sulforaphane lebih tinggi.

Ini berarti bahwa konsumsi sayur brokoli dapat meningkatkan jumlah enzim antioksidan di saluran hidung sebanyak 2 hingga 3 kali lipat.

Kamu disarankan konsumsi sayuran hijau secara rutin dan teratur agar bisa merasakan manfaat sehatnya untuk ketahanan tubuh dari serangan penyakit.

10 Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh

Sebagai salah satu sayuran dengan kandungan gizi tinggi, tentunya brokoli mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Berbagai kandungan brokoli yang bermanfaat sebagai zat anti kanker adalah berbagai fitonutrien, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta jenis mineral seperti kalium dan selenium.

Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai anti-oksidan dan membantu metabolisme dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

Tak hanya itu saja, senyawa bioaktif dalam brokoli juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.

2. Detoksifikasi tubuh

Terdapat kandungan anti-oksidan dalam brokoli yang bermanfaat untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh.

Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis.

Ditambah dengan kandungan vitamin C dalam brokoli yang membantu mengurangi racun dalam darah.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E dalam brokoli adalah mencerahkan sekaligus membantu mengganti jaringan kulit yang rusak.

Lalu, kandungan fitonutrien juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Lalu, jenis mineral seperti magnesium dan vitamin dalam brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

5. Memelihara kesehatan mata
Beta karoten merupakan senyawa yang saat sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Maka dari itu, kandungan beta karoten dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan.

Selain meningkatkan kesehatan mata, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, mineral, dan fitonutrien dari brokoli bermanfaat untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab berbagai macam penyakit.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh.

Maka dari itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis.

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan brokoli tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut seperti periodontitis.

8. Menjaga kesehatan kandungan

Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama asam folat yang mencegah terjadinya cacat pada bayi baru lahir.

Apalagi, tubuh membutuhkan banyak vitamin, mineral, serta protein selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

9. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan mineral seperti kalium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain itu, berbagai kandungan nutrisi dalam brokoli juga membantu kerja insulin untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Berbagai kandungan vitamin B juga membantu menurunkan risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah.

10. Mencegah anemia

Saat tubuh kekurangan asupan mineral, maka yang bisa terjadi adalah Anda mengalami anemia.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti brokoli.

Apalagi, brokoli mempunyai kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *