KRI Semarang-594 Dukung Kebutuhan Oksigen di Provinsi Riau

KRI Semarang-594 Memasok Kebutuhan Oksigen

KRI Semarang-594 mili TNI Angkatan Laut terus menjalankan misi kemanusian di tengah pandemi Covid-19 dengan cara mendukung kebutuhan oksigen rumah sakit dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Provisni Riau.

Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 dukungan TNI AL itu tiba di Provinsi Riau, pada hari Senin, tanggal 16 Agustus 2021, sekitar pukul 08.00 wib dan berlabuh di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Kota Dumai.

Kehadiran KRI Semarang-594 dalam rangka memasok kebutuhan oksigen gratis dalam penanganan dan perawatan pasien Covid-19 di seluruh wilayah di Provinsi Riau.

KRI Semarang-594 merupakan Kapal Rumah Sakit unsur Koarmada I dilengkapi generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen dan dapat melakukan isi ulang sebanyak 72 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.

Kedatangan Kapal Rumah Sakit mili TNI AL ini atas koordinasi berjenjang hingga pimpinan TNI AL dengan mengirimkan KRI Semarang-594 yang mempunyai kemampuan sesuai permohonan akan pasokan oksigen dibutuhkan Provinsi Riau.

“Kedatangan KRI Semarang-594 atas koordinasi Gubernur Riau Syamsuar yang kami teruskan ke komando atas dan merespons dengan mengerahkan KRI Semarang yang tiba hari di Dumai ini,” ujar Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan.

Ia menjelaskan, untuk institusi kesehatan yang membutuhkan pengisian oksigen, pihaknya telah siap melayani. Namun, untuk distribusi pengantaran dan penjemputan tabung disiapkan sendiri oleh Rumah Sakit, atau faskes, dan klinik.

Untuk membantu penanganan COVID-19 di Riau, KRI Semarang akan beroperasi hingga tanggal 25 Agustus 2021 mendatang. Bantuan pengisian oksigen gratis ini, rencananya juga akan dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

“Kami berharap kepada Rumah Sakit, atau Faskes dan Klinik bisa memanfaatkan pengisian oksigen gratis ini. Semoga kehadiran KRI Semarang bisa membatu upaya penanganan COVID-19 di Riau,” ujar Himawan.

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar, mengucapkan terima kasih kepada kepada Panglima TNI Republik Indonesia, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan ajaran Lanal Dumai, telah merspon surat permohonan bantuan pengisian oksigen.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, serta jajaran Lanal Dumai,” ucap Syamsuar.

Gubernur Riau mengharapkan, kapal ini bisa menjangkau pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di wilayah Riau lainnya. “Semoga bisa menjangkau kebutuhan masyarakat kita dalam hal kebutuhan oksigen,” pungkasnya.

Cikal Bakal KRI Semarang-594 Milik TNI AL

KRI Semarang-594 dibangun oleh PT PAL Indonesia (Persero) dan diserahterimakan kepada TNI AL pada 21 Januari 2019 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Kapal tersebut memperkuat Alutsista jajaran Koarmada I di bawah Satfib.

KRI Semarang-594 merupakan salah satu dari tiga kapal LPD yang dipesan TNI Angkatan Laut, dari dua unit kapal sebelumnya yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593.

Kapal tersebut memiliki fungsi untuk membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta difungsikan sebagai Kapal Rumah Sakit untuk bantuan bencana alam.

KRI Semarang-594 memiliki spesifikasi panjang 124,00 meter, lebar 21,80 meter, dengan berat 7200 ton, memiliki kecepatan maksimal 16 knots dengan kecepatan jelajah 14 knots dan mampu berlayar secara endurance selama 30 hari.

KRI Semarang-594 dilengkapi dengan dua kapal Landing Craft Utilities (LCU) yang mampu mengangkut 8 unit ranpur jenis Anoa, 28 truk, 3 unit helikopter serta diperkuat 121 anak buah kapal dan mampu mengangkut 650 prajurit.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *