KRI Semarang-594 TNI AL Suskes Jalankan Misi Kemanusian di Riau

KRI Semarang-594 TNI AL

Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 TNI AL sukses menjalankan misi kemanusian dengan membantu pengisian oksigen di Riau. Kegiatan operasi ini adalah upaya menanggulangi bencana non alam COVID-19.

KRI Semarang-594 mampu mengisi oksigen, generator oksigen sebanyak 72 meter kubik per hari, atau 12 tabung oksigen ukuran 6 meter kubik, untuk diberikan gratis kepada Rumah Sakit atau faskes, klinik dan masyarakat yang membutuhkan.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, S.E, M.A.P mengatakan, pada operasi ini TNI AL bertugas membantu menghadapi bencana-bencana non alam, seperti pandemi COVID-19.

“Kita ikut mendukung pemerintah melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Mengingat tingginya penyebaran COVID-19, sehingga kelangkaan oksigen di beberapa daerah cukup tinggi,” katanya, Jumat (20/8/21) kepada media.

keterangan resmi panglima koarmada 1
Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, S.E, M.A.P bersama Gubernur Riau Syamsuar didampingi Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC, meninjau secara langsung program serbuan vaksinasi TNI AL di Kota Dumai.

Arsyad menjelaskan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan dia selaku Panglima Komando Armada 1, untuk menggerakan Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 ke Provinsi Riau.

“Atas permohonan surat Gubernur Riau, setelah kami melaksanakan tugas di Bangka Belitung, saya gerakan KRI Semarang-594 ke Riau dan bersandar di Dumai dan membantu untuk mencukupi kebutuhan oksigen,” katanya.

Hingga hari ini, kata Arsyad Abdullah, TNI AL melalui KRI Semarang-594 telah mendukung sebanyak 51 tabung oksigen untuk dibagikan gratis kepada masyarakat di Dumai, Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis, Provinsi Riau.

“Alhamdulillah kebutuhan oksigen sudah mencukupi dan bisa mendukung sejumlah Rumah Sakit serta masyarakat yang membutuhkan. Semoga kehadiran KRI Semarang-594 membawa dampak baik bagi Riau,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa dalam mendukung program pemerintah mempercepat program vaksinasi, TNI AL juga melaksanakan program Serbuan Vaksin di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

“Serbuan Vaksin yang kita laksanakan ini, untuk mempercepat vaksinasi sehingga dapat meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok, agar kita bisa menangkis penyebaran COVID-19,” ujar Panglima Komando Armada I.

Sedangkan untuk pelaksaannya, kata dia, tidak akan berhenti selagi vaksin masih ada. “Jadi kita lanjut terus, selama ada dukungan vaksin. Jadi tidak ada batas waktunya, kalau vaksin habis kita tunggu datang dan lanjut vaksin lagi,” jelasnya.

Dukungan operasi KRI Semarang-594 milik TNI AL untuk memenuhi kebutuhan oksigen di wilayah Riau hingga besok Sabtu (20/8). Hal ini lantaran kebutuhan oksigen di Riau dianggap sudah mencukupi.

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, beberapa waktu lalu di Riau terjadi peningkatan jumlah kasus COVID-19. Bahkan pernah mencapai lebih dari 2 ribu kasus per hari. Saat telah terjadi penurunan kasus.

Dengan adanya lonjakan kasus COVID-19 beberapa waktu lalu, kata Syamsua, terjadi peningkatan kebutuhan oksigen yang besar di Riau. Melihat kondisi ini, pihaknya mengajukan permohonan kepada Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

“Alhamdulillah KRI Semarang-594 dapat membantu provinsi Riau. Kapal rumak sakit telah sukses membantu kekurangan oksigen, baik itu bagi masyarakat di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis juga masyarakat di pulau Rupat,” kata Syamuar.

Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, Satgas Covid-19 dan masyarakat, Syamsuar, mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kasal TNI AL malaui Panglima Komando Armada 1, telah memberikan bantuan KRI Semarang-594.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini juga memberikan apresiasi atas program Serbuan Vaksinasi TNI AL yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Riau di daerah kepulauan terpencil.

KRI Semarang-594 tiba di Riau, pada hari Senin, 16 Agustus 2021 lalu. Berlabuh di Dermaga TNI AL Bangsal Aceh, Kota Dumai. Kedatangan kapal ini, lantaran sebelumnya Gubernur Riau, mengajukan permohonan bantuan penanganan COVID-19.

Melalui surat Gubernur Riau Nomor 360/BPBD/2153 kepada Panglima TNI Republik Indonesia dan Surat Gubernur Riau Nomor 360/BPBD/2154, Kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut, tanggal 10 Agustus 2021, tentang permohonan bantuan kapal rumah sakit.

Sebagai data pendukung, kunjungan kerja Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, S.E, M.A.P melihat secara langsung kegiatan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan TNI AL di Kota Dumai.

Kemudian pemberian 100 paket sembako kepada peserta vaksin. Menyaksikan proses donor darah dari kerjasama dengan PMI Kota Dumai berhasil mengumpulkan 100 kantong darah dari peserta ABK KRI Semarang-594.

Selanjutnya program serbuan vaksinasi tahap I dan II dengan total 1000 dosis melibatkan Lanal Dumai 300 dosis, Kodim 0320 Dumai 300 dosis, Polres Dumai 200 dosis, Dinas Kesehatan Dumai 200 dosis.

Turut mendampingi Panglima Komando Armada I, Gubernur Riau Syamsuar, Waka Polda Riau, Walikota Dumai, Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Riau, serta jajaran Forkopimda Riau dan Dumai.

Sumber : riauheadline.com dan menit.co.id

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *