Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kuning Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski kuning telur mengandung tinggi kolesterol, nutrisinya tak kalah tinggi. Manfaat kuning telur salah satunya untuk wajah dan kecantikan, lho!

Telur adalah makanan yang harganya terjangkau, tetapi padat nutrisi yang mudah ditemukan dan diolah.

Maka tak heran, hampir seluruh penduduk dunia pasti gemar mengonsumsi telur ayam.

Telur ayam juga sangat serbaguna, Moms bisa menyiapkan telur dengan beberapa cara berbeda atau menggunakannya sebagai bahan campuran makanan mulai dari makanan yang digoreng, dipanggang, hingga untuk adonan roti.

Kandungan Gizi Kuning Telur

Kandungan nutrisi kuning telur bergantung pada ukuran, pengolahan telur, serta spesies asalnya.

Nilai gizi kuning telur juga sangat bervariasi tergantung pada persiapannya. Misalnya, memasak telur utuh dalam minyak dapat menggandakan atau bahkan melipatgandakan kandungan lemak dan kolesterol dari hidangan telur.

Kuning telur mengandung setidaknya 7 mineral esensial seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng.

Kuning telur juga sumber vitamin yang berlimpah, terutama vitamin yang larut dalam lemak dan air.

Selain itu, jika Moms ingin mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi, Moms bisa mengonsumsi telur bebek, puyuh, angsa, atau kalkun.

Kuning Telur untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat kuning telur untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Tinggi Kolesterol, Tapi Tak Pengaruhi Kolesterol Darah

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Faktanya, satu telur mengandung 212 mg, yang lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 mg.

Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah.

Mengutip jurnal yang dipublikasikan U.S. Library of Medicine, hati sebenarnya menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari.

Ketika Moms meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati kemudian akan menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk menyeimbangkannya.

Namun, orang dengan kelainan genetik seperti hiperkolesterolemia familial atau varian gen yang disebut ApoE4 mungkin perlu membatasi atau menghindari telur sama sekali.

2. Tingkatkan Kolesterol HDL atau Kolesterol Baik

HDL adalah singkatan dari high-density lipoprotein, yang sering dikenal sebagai kolesterol baik.

Orang yang memiliki kadar HDL lebih tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Makan telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan HDL.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Internal Medicine, makan 2 telur per hari selama 5 minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen.

3. Mengandung Kolin

Kolin adalah nutrisi yang bahkan tidak diketahui keberadaannya oleh kebanyakan orang. Namun itu adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan dengan vitamin B.

Ini juga salah satu nutrisi penting yang kebanyakan orang tidak mencukupinya.

Mengutip Nutrients Review, manfaat kuning telur dari kolin digunakan untuk membangun membran sel dan berperan dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya.

Gejala defisiensi kolin cukup serius, tetapi untungnya jarang terjadi. Telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Satu telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting ini.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu gejala dari penuaan adalah penglihatan yang cenderung memburuk.

Ada beberapa nutrisi yang membantu melawan beberapa proses degeneratif yang dapat memengaruhi mata kita.

Mereka adalah antioksidan kuat yang menumpuk di retina mata dan terdapat dalam kuning telur juga, dan jumlahnya cukup besar.

Studi dari Investigative Ophthalmology and Visual Science menunjukkan bahwa mengonsumsi nutrisi dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Ini merupakan dua gangguan mata yang sangat umum.

Makan hanya 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu meningkatkan kadar lutein dalam darah sebesar 28–50% dan zeaxanthin sebesar 114–142%.

Manfaat kuning telur juga tinggi akan vitamin A. Sehingga kesehatan mata Moms pasti akan terjaga berkat konsumsi kuning telur.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur sangat mengenyangkan karena ia makanan berprotein tinggi dan termasuk dalam makronutriten.

Ini membuat mereka secara otomatis makan lebih sedikit kalori selama 36 jam berikutnya.

Dalam penelitian lain, mengganti sarapan bagel dengan sarapan telur menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan selama 8 minggu.

6. Tidak Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Dapat Mengurangi Risiko Stroke

Studi dari the BMJ Research menemukan bahwa dari 17 studi dengan total 263.938 peserta tidak menemukan hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung atau stroke.

Banyak penelitian lain sampai pun pada kesimpulan yang sama. Karena jenis penelitian ini hanya dapat menunjukkan hubungan statistik. Mereka tidak dapat membuktikan bahwa telur dapat menyebabkan risiko lebih lanjut.

7. Memperbaiki Tekstur Kulit

Sementara itu, ada beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan dari kuning telur, lho!

Kuning telur kaya akan asam lemak yang dapat memberikan Moms kelembapan pada kulit.

Sedangkan putih telur mengandung albumin, suatu bentuk protein sederhana yang membantu mengencangkan pori-pori dan juga menghilangkan minyak berlebih.

Moms bisa mendapatkan manfaat kuning telur untuk wajah dengan mencampurkan kuning telur dengan beberapa bahan lain seperti lemon, yoghurt, atau madu untuk dijadikan masker wajah alami.

8. Melawan Kerusakan Rambut

Nutrisi yang secara alami terkandung dalam kuning telur sama dengan nutrisi yang ada pada rambut sehat dan berkilau.

Beberapa orang mengoleskan kuning telur ke kulit kepala sebagai pengobatan untuk rambut rontok, rambut rapuh, atau mencoba membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat.

Manfaat kuning telur untuk rambut dapat membantu rambut melawan kerusakan.

Mengutip Journal of Dermatology Practical & Conceptual, ini karena kuning telur kaya akan vitamin yang dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan.

9. Memiliki Asam Amino Esensial

Tidak semua makanan mengandung asam amino esensial. Mengutip Medline Plus, asam mino esensial adalah senyawa yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh.

Makan cukup protein dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalkan kesehatan tulang, lho!

10. Menjaga Kelembapan Rambut

Kuning telur sangat berguna untuk melembabkan rambut yang tampak kering.

Ia memiliki kombinasi unik vitamin seperti vitamin A dan E, biotin, dan folat. Tentunya ini berdampak pada kesehatan rambut.

Moms bisa mengoleskan kuning telur langsung ke kulit kepala untuk menanamkan vitamin ini ke akar rambut.

11. Rambut Tidak Mudah Rontok

Manfaat kuning telur untuk rambut juga berperan pada akar kepala. Vitamin dalam rambut berperan dalam ‘menjaga’ akar rambut tetap kuat sehingga rambut tak mudah rontok.

Rambut baru akan tumbuh lebih kuat dan tidak mudah patah dan rontok. Bahkan manfaat lainnya juga bisa dirasakan yakni rambut tumbuh lebih cepat.

12. Memberantas Jerawat

Masker wajah yang mengandung kuning telur bisa membantu mengobati jerawat aktif, lho!

Manfaat kuning telur untuk wajah satu ini yakni sifat antibakteri di dalamnya dapat melawan kuman penyebab jerawat.

Moms bisa membuat masker wajah alami dengan kuning telur, minyak almond, dan madu. Rasanya agak sediki lengket dan tidak nyaman. Meski begitu ini akan membuahkan hasil yang baik untuk wajah, Moms!

Moms dapat menyimpan masker ini di lemari es dalam jangka waktu seminggu untuk penggunaan rutin.

13. Mencerahkan Kulit

Kuning telur sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini karena ia mengandung vitamin alami, nutrisi, protein, dan asam lemak.

Penggunaan kuning telur secara teratur dapat mencerahkan kulit sekaligus mengatasi masalah seperti kulit kendur dan kulit tampak kusam.

Bahkan nutrisi dalam kuning telur juga dapat menghidrasi, menutrisi, dan melembabkan kulit yang kusam. Dari beragam manfaat kuning telur untuk kesehatan di atas, mana yang telah Moms rasakan manfaatnya?

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *