Cara Kembalikan Kedekatan Ibu dan Bayi Usai Isolasi Mandiri

Kedekatan Ibu dan Bayi

Kedekatan ibu dan anak usai menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19, akan canggung. Lantas, bagaimana solusinya?

Selama isolasi mandiri, ibu tidak bisa memberikan air susu ibu eksklusif. Hal ini tentu dapat memperparah kerenggangan hubungan ibu dan anak. Lantas, harus bagaimana?

“Sebenarnya, meski saling terpisah, bukan berarti ikatan antara ibu dan bayi akan merenggang. Hal ini karena mereka memiliki naluri, yang memang membuatnya saling terhubung,” kata Gracia Ivonika, M.Psi, Psikolog.

Berikan Lebih Banyak Waktu untuk Bersama

Isolasi mandiri setelah terpapar virus corona membuat ibu harus terpisah dengan si buah hati selama beberapa waktu.

Tentu saja ada! Namun, ibu tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Ibu hanya perlu memberikan waktu bagi anak dapat kembali dekat dengannya.

Lakukan Lebih Banyak Skin to Skin

Skin to skin berarti memberikan anak sentuhan langsung yang bersifat lembut, sehingga ia merasa aman dan nyaman.

Ibu bisa memulainya dengan pelukan, memijat si kecil, menggendong bayi di dada, atau menyusui secara langsung.

Jika si kecil sudah bisa minum susu dari botol, ibu bisa memangku si kecil sambil memberikan sentuhan lembut.

Ajak Anak Berbicara

Namun, si kecil dapat mengerti bagaimana perasaan orang yang mengajaknya berbicara. Oleh karena itu, ibu dianjurkan untuk berbicara lebih sering dengan bayi menggunakan nada yang menenangkan dan meyakinkan.

Anda dapat bercerita tentang apa yang dilakukan selama isolasi mandiri. Bicaralah seolah-olah anak mengerti yang apa yang Anda katakan.

Hal ini dapat membantu si kecil kembali mengenali suara ibunya, dan membuatnya merasa nyaman.

Tatap Mata Bayi saat Berbicara

Eye contact bisa membantu membangun kembali kedekatan ibu dan bayi. Atas dasar itu, cobalah untuk menatap mata si kecil ketika diajak berbicara, atau saat menyusui.

Tatapan yang hangat dapat membuat anak merasa tenang, karena berada pada orang yang tepat.

Ajak Si Kecil Bercanda dan Bernyanyi Bersama

Ajak si kecil bercanda, dan buatlah ia tertawa. Hal ini dilakukan agar kedekatan ibu dan bayi dapat terjalin dengan baik. Melihat anak yang tertawa pastinya juga akan membuat hati ibu senang.

Ajak juga si kecil bernyanyi atau putar musik yang menenangkan saat tidur untuk dapat membantu Anda berdua merasa lebih tenang.

Selalu Berada di Sampingnya

Tangisan bayi memang tidak selalu diketahui penyebabnya. Namun, ibu bisa merespons dengan selalu berada di sampingnya. Hal ini turut memberi tahu si kecil bahwa Anda selalu ada untuknya.

Saat bayi menangis, cobalah untuk menenangkannya dengan menggendong dan meletakannya di dada ibu. Hal ini untuk membantunya merasa lebih tenang.

Itu dia beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk kembali membangun kedekatan dengan si kecil setelah isolasi mandiri.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *