Merawat Kulit Payudara yang Perlu Kamu Lakukan

merawat kulit payudara

Perawatan kulit tidak hanya di bagian wajah, tapi bagian lain juga wajib kamu lakukan yaitu merawat kulit payudara juga perlu kamu lakukan.

Kesehatan payudara, termasuk bagian kulitnya, wajib untuk diperhatikan. Menurut, dr. Theresia Rina Yunita, kulit payudara sama seperti kulit tubuh bagian lain yang dapat mengalami keriput dan kendur.

“Payudara kendur itu bisa disebabkan oleh adanya gravitasi serta kondisi kulit yang kehilangan elastisitasnya. Kulit payudara yang tidak kencang juga dapat disebabkan penurunan berat badan yang drastis,” ujarnya.

Maka itu Anda dianjurkan untuk merawat kulit payudara seperti halnya merawat kulit wajah. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit payudara?

1. Gunakan Sunscreen

Tak hanya wajah, merawat kulit payudara juga memerlukan sunscreen agar terlindungi dari bahaya sinar matahari.

Anda perlu tahu, kulit bagian dada tipis dan sensitif. Menutupinya dengan pakaian tak cukup membuat kulit payudara aman dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, wanita dianjurkan menggunakan sunscreen hingga bagian payudara. Sunscreen dapat mencegah kulit rusak dan terlihat kendur.

2. Gunakan Bedak Bayi

Payudara merupakan bagian tubuh yang umumnya selalu tertutup pakaian. Jika terlalu lama tertutup, kulit sekitar payudara akan mengeluarkan keringat dan lama-kelamaan dapat menimbulkan iritasi.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menaburkan bedak bayi di bagian payudara. Bedak bayi dapat menyerap kelembapan dan mengurangi iritasi di kulit sekitar payudara.

3. Gunakan Body Oil

Apabila tipe kulit tubuh Anda kering, gunakan produk body oil untuk melembapkan kulit payudara.

Body oil dapat mengencangkan kulit di sekitar payudara dan membantu merangsang kolagen yang bisa memperbaiki sel-sel kulit baru.

Anda bisa memilih body oil yang mengandung jojoba untuk melembapkan dan menenangkan kulit payudara yang kering.

4. Pilih Sabun yang Tepat

Kulit di sekitar payudara juga dapat berjerawat seperti kulit wajah. Untuk mencegah hal tersebut, hindari memakai sabun yang mengandung minyak.

Gunakan sabun berbahan lembut dan tidak mengandung pewangi atau alkohol.

5. Pijat Payudara

Menurut dr. Theresia, memijat dapat membantu mengencangkan kulit payudara. Pijat payudara juga bisa mengurangi ketegangan pada payudara.

6. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi Sehat

Untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit payudara, dr. Theresia menyarankan Anda untuk minum air putih dalam jumlah cukup, serta menghindari kafein dan minuman bersoda.

“Hindari juga merokok dan minum alkohol, perbanyak konsumsi sayur serta buah,” tambahnya.

Makanan bergizi, seperti tahu, kedelai, dan miso memiliki kandungan daidzein dan genistein yang bisa menurunkan risiko penyakit payudara fibrokistik. Makanan tersebut juga bermanfaat mengurangi pertumbuhan sel tumor di payudara.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *