Penyakit Eksim Kering dan Cara Mengobati di Rumah

penyakit eksim kering

Ada beragam hal yang bisa memicu gejala penyakit eksim kering. Istilah eksim kering sebenarnya mengacu pada penyakit eksim atopik (dermatitis atopik).

Akan tetapi, sebagian eksim kering juga dapat terjadi pada orang dewasa dan lansia yang sebelumnya tidak pernah mengalami keluhan serupa.

Penanganan Eksim Kering di Rumah

Untuk membantu mengurangi rasa gatal dan gejala lainnya dari eksim kering lain, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

1. Hindari menggaruk

Kuman dari jari tangan bisa menyebabkan infeksi kulit yang dapat memperparah eksim kering. Sebagai alternatif untuk mengatasi gatal, coba berikan kompres dingin pada kulit yang terasa gatal.

2. Gunakan pelembap

Eksim kering bisa menyebabkan kulit pecah-pecah dan kering. Untuk mencegah kambuhnya gejala dan menjaga agar kulit tetap sehat, penting untuk menggunakan pelembap kulit secara rutin.

Oleskan pelembap setelah mandi, saat kulit mulai terasa kering, dan sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung bahan alami, seperti lidah buaya, madu, atau beeswax.

Jika kulit kamu sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang diformulasikan untuk kulit kering dan sensitif, serta pilih yang bahan kimianya sedikit. Biasanya pelembap tersebut berlabel ‘hypoallergenic’, pada kemasannya.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan air humidifier atau alat pelembap udara di dalam ruangan, khususnya ruangan ber-AC, untuk menjaga kulit tetap lembap.

3. Kenali dan hindari faktor pencetus kekambuhan eksim atopik

Setiap penderita eksim atopik memiliki faktor pencetus kekambuhan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor pencetus tersebut, agar dapat dihindari. Jika kesulitan menentukan apa faktor pencetusnya, konsultasikan dengan dokter.

4. Hindari mandi terlalu lama

Kebiasaan mandi berlama-lama bisa membuat kulit kering dan mudah rusak. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kekambuhan atau semakin parahnya eksim kering. Jadi, usahakan untuk mandi selama 5-10 menit saja.

Saat mandi, gunakanlah sabun yang berbahan lembut, tidak mengandung pewarna, pewangi, maupun zat antibakteri, karena dapat membuat kulit iritasi. Untuk meredakan gejala eksim, Anda juga bisa menggunakan oatmeal bubuk untuk mandi (colloidal oatmeal).

Sumber: alodokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *