Susu Campur Madu Banyak Manfaat untuk Kesehatan

 

Susu Campur Madu

Susu dan madu sering menjadi kombinasi yang muncul di makanan maupun minuman penutup. Rasa manis dari kombinasi tersebut seakan membuat orang tak bisa lepas darinya.

Setelah berbagai penelitian, kombinasi susu madu madu ternyata dapat meningkatkan kondisi kesehatan, bahkan ‘obat alami’ untuk penyakit tertentu.

Ingin tahu apa saja manfaat susu campur madu? Berikut ini beberapa di antaranya:

Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum susu hangat yang dicampur dengan madu dianggap dapat meningkatkan kualitas tidur.

“Benar, mencampur susu dan madu memang bisa meningkatkan kualitas tidur. Hal ini tercatat pada penelitian yang dilakukan pada 68 orang,” kata dr. Arina Heidyana.

Selain itu, beberapa penelitian lain juga mencatat bahwa kombinasi susu madu dapat meningkatkan kualitas tidur sekalipun dikonsumsi secara terpisah.

Faktanya, mengonsumsi setengah sendok makan madu 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.

Ramuan alami tersebut juga dapat mengurangi batuk malam hari pada 300 anak yang mengalami infeksi pernapasan.

Penelitian ini menyatakan, partisipan dapat tidur lebih teratur berkat mengonsumsi susu atau produk olahannya. Selain itu, partisipan juga tidak mengalami kesulitan tidur.

Mendukung Kekuatan Tulang dan Gigi

Susu merupakan sumber kalsium yang bagus. Nutrisi di dalam susu menjadi kunci penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Dengan demikian, risiko osteoporosis dan patah tulang dapat diminimalkan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu campur madu memiliki manfaat potensial untuk kesehatan jantung. Susu murni juga secara khusus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk membersihkan plak di arteri jantung, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam susu juga terdapat kandungan potasium yang berlimpah. Senyawa ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah sehingga terhindar dari risiko hipertensi.

Sedangkan untuk madu, penelitian menunjukkan bahwa produk lebah ini dapat mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL). Semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Kombinasi susu madu memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dan membatasi porsi saat mengonsumsinya.

Selain itu, konsumsi susu yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko jerawat, rosacea, dan eksim.

Ketentuan tersebut juga berlaku untuk madu. Pada dasarnya, madu mengandung gula dan kalori yang tinggi. Hal ini karena madu mengandung bakteri yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

Anda pun sebaiknya tidak memanaskan madu pada suhu yang terlalu tinggi. Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan pembentukan hidroksimetilfurfural (HMF).

Manfaat susu dan madu bagi kesehatan memang sangat beragam.

Sumber: klikdokter.com

 

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *