Tidur Bersama Kucing di Ranjang, Amankah untuk Kesehatan?

Tidur bareng kucing

Kucing sudah menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Makanya tak heran mereka yang memelihara kucing begitu mencintai hewan peliharaannya tersebut.

Saking sayangnya, banyak di antara mereka yang rela untuk mempersilahkan kucingnya tidur bareng dengan mereka dalam satu ranjang. Namun meski demikian, bagus nggak sih tidur bareng kucing dalam satu ranjang?

Kamu Suka Tidur Bawa Kucing ke Ranjang?

Melansir dari klikdokter.com, dr. Dyan Mega Inderawati menjelaskan bahwa aman atau tidaknya tidur dengan kucing itu tergantung kondisi kesehatan si pemilik dan kucing itu sendiri.

“Semuanya tergantung kucing dan orang tersebut. Sementara si pemilik tidak ada sensitivitas, seperti asma kalau kena bulu kucing atau tidak sedang program hamil, tidak ada masalah.”

“Sementara kalau Anda punya saluran napas yang sensitif, itu bisa mencetuskan asma atau infeksi saluran napas,”

Dr. Mega pun menaruh kesimpulan bahwa sebaiknya tidak tidur bareng kucing peliharaan dalam satu ranjang.

Sebab kucing adalah hewan berbulu, yang mungkin banget rontok dan menempel di bantal, guling atau kasur. Belum lagi jika tidak terlalu terawat, kutuan.

“Sebaiknya kucing punya tempat untuk tidur sendiri, tidak bersama Anda. Kucing itu kan hewan berbulu. Jadi sangat mungkin ada beberapa bulu rontok yang bakal menempel di kasur, bantal, dan selimut Anda. Belum lagi kalau ada kutu. Ini bisa mengontaminasi tempat tidur Anda,” lanjut dr. Mega.

Dia juga menambahkan, bahwa siklus tidur hewan sering banget berbeda dengan manusia. Sehingga kualitas tidur bisa jadi terganggu.

” Binatang peliharaan seperti kucing msailnya, merupakan hewan malam yang kerap terbangun di malam hari. Dia lalu ingin bermain dan malah mengganggu tidur Anda,” jelas dr. Nadia.

Kucing perliharaan belum divaksin akan menularkan berbagai penyakit yang sering di sebut sebagai zoonosis.

Tidur dengan hewan peliharaan seperti kucing memang punya manfaat tersendiri untuk kesehatan mental. Namun hal tersebut perlu dipertimbangkan dengna menjaga kesehatan diri dan juga kucing peliharaan tersebut.

Meski demikian, tidur bareng kucing peliharaan tidak disarankan. Alangkah lebih baiknya menyediakan tempat tidur sendiri untuk kucing tercinta.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *