Cara Memanfaatkan Buah Labu Kuning untuk Kesehatan Kulit

Labu Kuning untuk Perawatan Kulit

Cara memanfaatkan buah labu kuning untuk kesehatan kulit. Buah ini memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Labu kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan vitamin B6. Tak hanya itu, labu juga mengandung mineral, seperti kalium, mangan, magnesium, dan zat besi.

Kandungan nutrisi di dalam buah labu nyatanya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bagaimana cara memanfaatkan buah labu kuning untuk kesehatan kulit? simak ulasan di bawah ini

Merawat Kulit Berminyak

Biji buah labu kuning mengandung asam lemak esensial dan vitamin E. Kedua zat tersebut membantu meningkatkan fungsi perlindungan kulit dan mengatur produksi sebum untuk orang dengan tipe kulit berminyak.

Merawat Kulit Kering

Di dalam labu terdapat kandungan enzim buah dan asam alfa hidroksi (AHA). Kandungan ini berguna meningkatkan pergantian sel serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Memiliki Sifat Antipenuaan

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Labu mengandung turunan vitamin A yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan mengurangi noda hitam.”

Selain itu, vitamin C di dalam labu berperan sebagai antioksidan kuat dan mengandung betakaroten. Kedua zat tersebut mampu membantu menangkal kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan memperbaiki tekstur kulit.

Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat membuat elastisitas kulit tetap terjaga.

Membantu Mengatasi Bintik Hitam

Struktur molekul buah labu sangat kecil dan dapat menembus ke kulit bagian dalam bila di gunakan secara topikal (dioles).

Oleh karena itu, nutrisi vitamin C dari buah labu dapat membantu mengatasi masalah bintik hitam yang terjadi di lapisan kulit bagian dalam.

Pengobatan Jerawat

Labu mengandung niasin yang merupakan turunan dari vitamin B. Niasin dapat menjadi agen antiperadangan untuk meredakan jerawat.

“Selain itu, kandungan zinc dalam labu di kenal sebagai natural healing karena membantu mempercepat proses pemulihan kulit dan membantu mencegah timbulnya jerawat,” ujar dr. Devia.

Menurut dr. Devia, banyak produk skincare yang menggunakan labu sebagai bahan dasarnya. Untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa memilih produk skincare berbahan dasar labu.

“Apa bila mau di buat masker juga boleh-boleh saja. Caranya, buah labu dihancurkan, lalu ditambahkan madu dan di gunakan menjadi masker wajah,” jelas dr. Devia.

Kendati begitu, labu kuning juga boleh dikonsumsi secara langsung. Labu bisa diolah menjadi masakan atau smoothies sehat.

Untuk membuat smoothies, Anda bisa memasukkan labu, wortel, jus lemon, garam, madu, dan bubuk kayu manis ke dalam blender. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga lumat, lalu sajikan.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *