Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah

Perawatan Kulit dan Wajah
Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Kulit dan Wajah

Niacinamide menjadi salah satu bahan perawatan kulit atau skin care yang paling banyak dicari dan digunakan saat ini. Zat ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Zat ini terkandung dalam berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, susu, ikan, daging, dan ragi. Kurangnya asupan niacinamide dapat menyebabkan gangguan pada otak, ginjal, dan kulit.

Manfaat Niacinamide dalam Perawatan Kulit dan Wajah

Selain terkandung dalam makanan, niacinamide juga banyak dijadikan bahan produk perawatan kulit, seperti serum, toner, pelembap, pembersih, atau masker.

Ada beberapa manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit, antara lain:

1. Mengatasi jerawat
Menurut penelitian, mengoleskan krim yang mengandung niacinamide ke wajah dapat mengatasi jerawat, termasuk jerawat parah jenis pustula dan papula. Zat ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit wajah apabila digunakan secara rutin.

Selain jerawat, niacinamide juga bisa mengobati gangguan kulit lain, seperti eksim dan rosacea.

2. Melindungi kulit dari radikal bebas
Melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet matahari, polusi, dan zat berbahaya juga menjadi salah satu manfaat niacinamide. Tak hanya itu, niacinamide juga memiliki efek antioksidan dan dapat memperbaiki DNA yang rusak.

3. Mengurangi garis halus dan keriput
Apabila di wajah Anda mulai muncul keriput dan garis halus, cobalah gunakan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide.

Menurut penelitian, menggunakan produk peratawan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk garis halus dan keriput.

4. Menghilangkan noda hitam
Rajin menggunakan skin care yang mengandung 5% niacinamide selama 4 minggu dipercaya dapat mencerahkan dan menghilangkan noda hitam (hiperpigmentasi) di kulit.

5. Mengendalikan produksi minyak wajah dan mengecilkan pori-pori
Pori-pori pada kulit wajah berminyak biasanya terlihat lebih besar. Niacinamide dapat mengecilkan pori dengan cara mengendalikan produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.

6. Mencegah kanker kulit
Tak hanya dioleskan, niacinamide juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Mengonsumsi suplemen niacinamide diyakini dapat mencegah kanker kulit, terutama pada orang yang pernah menderita kanker kulit nonmelanoma sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa berbagai manfaat niacinamide pada kulit seperti yang telah disebutkan di atas masih terus diteliti untuk memastikan efektivitasnya.

Cara Memilih Produk yang Mengandung Niacinamide

Pada beberapa produk perawatan kulit, niacinamide dapat ditulis sebagai niacin atau nicotinamide. Apabila Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat niacinamide, seperti mengatasi noda hitam, pilihlah produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide sebesar 5%.

Namun, apabila kulit Anda tergolong sensitif, pilihlah produk dengan kandungan niacinamide yang lebih rendah. Kandungan niacinamide sebesar 2% sudah mampu mengatasi masalah kulit, seperti eksim.

Selain menggunakan produk perawatan yang mengandung niacinamide, Anda juga bisa mempraktikkan cara-cara berikut ini agar kulit Anda selalu sehat dan bebas dari masalah kulit:

  • Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup
  • Mengoleskan tabir surya secara rutin, terutama saat beraktivitas di luar ruangan
  • Tidak merokok dan menghindari asap rokok
  • Mencuci wajah setelah bangun tidur, sebelum tidur, dan setelah berkeringat
  • Menggunakan produk perawatan sesuai jenis kulit
  • Mengendalikan stres
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi

Manfaat niacinamide untuk perawatan kulit memang bisa diandalkan untuk mengatasi beragam masalah kulit. Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter bila masalah kulit Anda tidak juga teratasi, atau Anda mengalami jerawat yang parah, tahi lalat yang makin membesar, atau iritasi kulit yang berkepanjangan.

Sumber: alodokter.com
Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *