Berbagai Manfaat Buah Alpukat yang Bisa untuk Program Hamil

Berbagai Manfaat Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk mensukseskan kesuburan dalam program hamil wajib kamu lakukan. Memiliki kesuburan yang optimal turut meningkatkan potensi kehamilan.

Kesuburan merupakan salah satu komponen penting untuk kesuksesan program hamil. Berikut ini beberapa alasan yang mendasari manfaat buah alpukat untuk program hamil:

1. Kaya Akan Nutrisi

Dalam satu buah alpukat terkandung protein, asam folat, potasium, serat, lutein, dan beragam vitamin maupun mineral lain yang bermanfaat. Kandungan tersebut juga berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Agar nutrisinya bisa lebih optimal diterima tubuh, pastikan untuk mengonsumsi alpukat tanpa tambahan gula atau kental manis.

2. Mengandung Lemak Sehat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh. Melansir Reproductive Health and Wellness Center, jenis lemak tersebut dapat membantu mengelola gula darah, serta mengurangi peradangan dan penyakit jantung.

3. Kaya Akan Antioksidan

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, alpukat kaya akan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada tubuh.

“Ketika kadar antioksidan dalam tubuh meningkat, perlindungan terhadap dampak buruk radikal bebas juga akan semakin optimal,” jelas dr. Sara.

4. Kaya Akan Fitonutrien

Alpukat mengandung fitonutrien yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Ini artinya, fitonutrien yang ada di dalam alpukat dapat secara tidak langsung melindungi organ reproduksi dari kerusakan sehingga turut mencegah gangguan kesuburan.

5. Kaya Akan Kalium

Kalium juga punya peranan penting untuk jaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah.

Kadar kalium yang optimal dalam tubuh wanita turut berperan dalam mempersiapkan kehamilan, dan mencegah komplikasi yang mungkin bisa terjadi saat hamil.

6. Sumber Vitamin E

Vitamin E tak hanya baik untuk kesehatan kulit. Jika tidak ada vitamin E yang cukup, konsepsi atau pembuahan pun akan sulit terjadi.

7. Menurunkan Risiko Obesitas

Alpukat memiliki banyak kandungan gizi bermanfaat, yang sebagian di antaranya dapat membantu mempertahankan berat badan agar tetap direntang optimal.

Dengan demikian, risiko obesitas yang merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan pun dapat diminimalkan.

Demikan berbagai manfaat buah alpukat untuk program hamil, yang turut meningkatkan kesuksesan kesuburan. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, serta pola makan seimbang.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *