Buah Stroberi Mampu Mempercepat Proses Kehamilan

Buah Stroberi Mampu Mempercepat Proses Kehamilan

Terkadang, merencanakan kehamilan tidak semudah membalikkan tangan. Namun, salah satu cara sukses program hamil yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah-buahan, misalnya buah stroberi.

Buah ini disebut-sebut efektif meningkatkan kesuburan. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi. Ada pula kandungan flavonoid kaempferol dan quercetin, serta vitamin B, folat, mangan, dan kalium.

Berikut ini beberapa manfaat buah stroberi untuk program hamil:

Menjaga Berat Badan Ideal

Agar cepat hamil, salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah berat badan. Anda sebaiknya miliki berat badan yang cukup ideal (tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk) ketika berencana punya anak.

Melansir Fit for Fertility, stroberi tergolong rendah kalori. Dalam 100 gram buah stroberi hanya mengandung sekitar 30 kalori. Pola makan dengan menyertakan buah stroberi sebagai camilan bisa membantu menurunkan berat badan.

Kaya Asam Folat
Stroberi kaya akan folat. Asam folat sangat penting baik sebelum dan sesudah konsepsi (pembuahan). Sebanyak 125 g stroberi bisa memenuhi 10 persen kebutuhan folat harian.

Nantinya, manfaat ini akan mendukung proses pembuahan, pembentukan janin, dan menjaga kesehatan kandungan.

Asam folat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan, melawan infeksi, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Kaya Antioksidan
Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, “Selain kaya akan vitamin C dan rendah gula, buah stroberi juga punya kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh secara general.”

Untuk kesuburan, antioksidan akan melindungi sperma dari radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas bisa menghambat pergerakan dan kualitas sperma, serta menurunkan jumlahnya.

Karenanya, pria dan juga wanita butuh makan makanan kaya antioksidan agar terhindar dari paparan radikal bebas.

Kaya Vitamin C
Stroberi menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini akan membantu produksi hormon yang bertanggung jawab menjaga sel telur pada wanita.

Jika stroberi dikonsumsi setiap hari, maka sel telur akan terus terjaga kesehatannya. Tapi, jangan hanya mengandalkan stroberi. Terapkan pula pola hidup sehat lainnya untuk menjaga kualitas sel telur.

Meningkatkan Gerak dan Kualitas Sperma
Vitamin C di dalam buah stroberi efektif membantu meningkatkan motilitas (pergerakan) dan kualitas sperma.

Itulah kelima manfaat stroberi untuk kesuburan. Meski begitu, dr. Reza mengatakan penelitian tentang kaitan stroberi dengan kesuburan masih sangat terbatas.

Jadi, belum ada rekomendasi pasti berapa banyak stroberi yang dimakan untuk meningkatkan kesuburan.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *