Mengungkap Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan jamu beras kencur, selain rasanya segar jamu beras kencur juga memiliki manfaat untuk kesuburan.

Beras kencur adalah salah satu jamu yang paling banyak peminatnya, terutama ibu yang baru saja melahirkan.

Setiap pasangan suami istri yang sedang berusaha mendapatkan keturunan sering sekali melakukan berbagai usaha terbaiknya, termasuk melalui cara tradisional.

Sementara itu, orang Asia Tenggara menggunakan kencur sebagai pengobatan gangguan menstruasi agar mampu meningkatkan kesuksesan program kehamilan.

Jamu beras kencur adalah jamu tradisional Indonesia yang menggunakan bahan utama berupa beras dan kencur (Kaempferia galanga).

Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menangkal datangnya berbagai penyakit kronis pada tubuh.

Meski demikian, zat ini hanya dapat Anda rasakan jika dapat membuat beras kencur dengan cara yang tepat, mulai dari proses mencuci hingga merebus jamunya.

Lantas, seberapa efektif beras kencur untuk kesuburan? Yuk, cari tahu fakta medisnya!

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Manfaat beras kencur untuk kesuburan berawal dari dugaan bahwa produk herbal ini memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas, sehingga sirkulasi darah dan kondisi tubuh secara keseluruhan dapat berfungsi dengan lebih maksimal.

Kemudian jamu beras kencur juga mampu meredakan diare atau batuk berdahak, dan jamu beras kencur juga memiliki peran dalam meningkatkan kesuburan.

Kesuburan dan kesehatan rahim akan lebih terjaga dengan baik apabila mengonsumsi jamu beras kencur secara teratur.

Apakah Beras Kencur Efektif Meningkatkan Kesuburan?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, beras kencur dan rempah lain sejenisnya memang punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

“Hanya saja, jika spesifik untuk kesuburan, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa beras kencur dapat bermanfaat demikian,” kata dr. Sepriani.

Artikel Lainnya: Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

“Jikapun ada penelitian yang pernah membahas manfaat beras kencur untuk kesuburan, kebanyakan studi ini masih bersifat penelitian pada hewan,” katanya.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi ramuan herbal yang satu ini. Anda tetap dapat mengonsumsi beras kencur sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang, agar kondisi tubuh Anda senantiasa prima.

Ingat, tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit adalah syarat utama untuk memiliki kesuburan yang optimal.

Punya pertanyaan seputar beras kencur untuk kesuburan? Ingin tahu fakta medis lain dari anggapan yang beredar di media sosial? Anda bisa berkonsultasi secara langsung kepada dokter.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *