Mendukung Kesehatan Mental Ibu Hamil Lewat Baby Shower

Baby Shower Dapat Mendukung Kesehatan Mental Ibu Hamil
Baby Shower Dapat Mendukung Kesehatan Mental Ibu Hamil

Selain sebagai perayaan jelang kelahiran si kecil, baby shower sejatinya berfungsi mendukung kesehatan mental ibu hamil yang akan menjalani transisi sebagai ibu.

Tidak sedikit ibu hamil (bumil) yang menyelenggarakannya.

“Ketika menjadi ibu, ada transisi peran yang drastis. Selain sebagai bentuk dukungan, baby shower juga membuat calon ibu lebih siap dan aware akan perannya kelak,”  kata Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog.

Bagaimana baby shower berperan mendukung transisi perempuan sebagai ibu? Simak penjelasan psikolog soal manfaat baby shower dapat mendukung kesehatan mental bumil berikut.

1. Menguatkan Keyakinan Sebagai Ibu

Gracia mengatakan pada dasarnya yang menjadi inti dari perayaan baby shower adalah dukungan orang-orang terdekat.

Dukungan tersebut dapat datang dari keluarga, teman, maupun komunitas perempuan yang pernah menjadi ibu.

Dukungan dari orang terdekat penting untuk membantu bumil menghadapi ketakutan seperti “Seberapa menyakitkan proses melahirkan?”, atau “Apakah saya siap menjadi seorang ibu?”

Ketika menyelenggarakan baby shower, bumil dapat memperoleh dukungan moril melalui diskusi dengan sesama ibu soal tips menjelang kelahiran atau menjalani peran sebagai ibu.

“Saling berbagi dan menguatkan merupakan bentuk dukungan bagi kesehatan mental calon ibu. Dukungan tersebut menguatkan mental ibu agar dia memiliki keyakinan bisa menjadi seorang ibu,” jelas Gracia.

2. Menambah Wawasan Bumil

Pengetahuan soal proses persalinan yang normal dan alami penting diketahui oleh calon ibu.

Ikhsan Bella, M.Psi., Psikolog, mengatakan hal ini dapat membantu menguatkan mental bumil jelang melahirkan.

Bumil dapat menambah wawasan soal persalinan melalui diskusi dengan sesama ibu yang menghadiri baby shower.

Layne Raskin , Psy.D., seorang psikolog spesialis kehamilan dan pascapersalinan di Hartsdale, New York, Amerika Serikat turut mengonfirmasi pentingnya bumil berdiskusi dengan ibu lainnya.

Baby shower sejatinya dapat mendukung kesehatan mental ibu hamil dan dapat membantu mengurangi beban mental bumil terkait ekspektasi lingkungan maupun dirinya sendiri.

“Dengan berdiskusi dan menambah wawasan, Anda akan memahami bahwa seorang calon ibu tidak harus mengetahui bagaimana melakukan segala sesuatu,” katanya.

3. Bumil Jadi Lebih Tenang Menjelang Melahirkan

Psikolog Ikhsan Bella mengatakan baby shower dapat membuat bumil lebih tenang menjelang proses kelahiran.

“Karena biasanya ibu hamil itu merasa gugup menjelang kelahiran,” urainya.

Cemas dan gugup jelang melahirkan merupakan perasaan yang normal. Berdiskusi dan mendengarkan pengalaman ibu lainnya terkait proses persalinan dapat membantu bumil mengurangi perasaan tersebut.

“Dukungan dari orang sekitar, baik melalui hadiah maupun dukungan moral, bisa membuat ibu jadi lebih berani dalam menghadapi kecemasan soal proses persalinan,” jelas psikolog Ikhsan.

4. Bumil Jadi Tidak Merasa Sendirian

Manfaat baby shower selanjutnya adalah membuat bumil tidak merasa sendirian.

Sadarilah bahwa Anda tidak sendirian menghadapi proses alami tersebut. Itu dia deretan manfaat perayaan baby shower untuk kesehatan mental bumil.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *