Manfaat Buah Kurma untuk Anak Wajib Bunda Ketahui

manfaat buah kurma untuk anak

Manfaat buah kurma untuk anak cukup banyak, bunda bisa memberikan ketika anak usai sejak dia berusia 6 bulan atau telah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun, tekstur dan potongan kurma yang diberikan kepada Si Kecil harus disesuaikan dengan usianya, ya, Bun, agar ia tidak kesulitan dalam mengunyah atau menelannya.

Berikut adalah beragam manfaat kurma untuk anak yang penting Bunda ketahui:

1. Mencegah terjadinya infeksi

Kurma mengandung antioksidan yang melimpah. Zat ini berperan dalam menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Berkat kandungan antioksidan, vitamin A, folat, dan protein di dalamnya, kurma juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak tetap kuat, sehingga dia lebih jarang sakit.

Selain itu, kurma mengandung senyawa antiradang, antijamur, dan antimikroba sehingga dapat melindungi anak dari berbagai infeksi.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Serat dan air pada buah kurma sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan anak.

Selain itu, kedua kandungan ini bisa melancarkan gerakan usus, membantu penyerapan makanan, serta membuat tinja lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga baik untuk mencegah dan membantu mengatasi sembelit pada anak.

3. Mendukung fungsi dan perkembangan otak

Agar perkembangan otak anak bisa berjalan dengan baik, dia membutuhkan berbagai asupan nutrisi, seperti protein, antioksidan, karbohidrat, kolin, vitamin, dan mineral.

Beragam nutrisi tersebut terdapat pada aneka makanan sehat yang salah satunya adalah kurma.

4. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Walau memiliki rasa yang manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, kurma mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk mengontrol gula darah.

Selain itu, kurma juga tergolong sebagai buah dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.

5. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta gigi

Manfaat ini ada berkat kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor di dalam kurma.

Mendapatkan asupan mineral yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak, tetapi juga berfungsi besar dalam proses pembuatan hormon, mempertahankan detak jantung yang normal, serta melancarkan fungsi saraf dan otak anak.

6. Menambah energi

Dalam 100 gram buah kurma, terdapat sekitar 250–280 kalori. Buah ini juga banyak mengandung karbohidrat, gula, dan protein yang baik untuk memberikan asupan energi pada tubuh anak.

Dengan energi yang cukup, Si Kecil akan tetap aktif dan semangat dalam melakukan kegiatannya setiap hari dan lebih semangat untuk belajar. Asupan energi dan nutrisi yang cukup juga penting untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, manfaat kurma untuk anak ternyata ada banyak, ya, Bun. Oleh karena itu, mulai sekarang Bunda bisa memberikan buah ini sebagai camilan sehat anak.

Sebelum memberikan kurma kepada Si Kecil, pastikan Bunda telah mencuci bersih buah ini, ya. Selanjutnya, keluarkan biji kurma untuk mencegah anak tersedak. Selain kurma, Bunda juga bisa memberikan beragam jenis buah lainnya dalam menu harian Si Kecil.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah kurma untuk anak atau tips memberikan makanan yang sehat untuknya, Bunda bisa menanyakan langsung ke dokter.

Sumber: alodokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *