Peran Orang Tua Dukung Anak Belajar Secara Daring

orang tua dukung anak belajar secara daring

Orang tua harus mampu mendampingi anaknya dalam proses belajar secara daring. Ini bertujuan memudahkan anak dalam proses belajar di rumah.

Banyak keresahan datang dari anak dan orang tua mengenai kegiatan belajar mengajar sekolah daring. Ini terjadi sudah lebih setahun selama pandemi Covid-19 melanda negera ini.

Sekolah Online Membuat Kecemasan Anak

Menurut studi, tak sedikit anak yang merasakan kecemasan akibat sekolah online. Belum lagi, sekolah jarak jauh menyebabkan anak kurang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, baik dengan teman sebaya maupun guru.

Pendampingan Selama Belajar

Bukan hanya anak yang rentan memgalami stres akibat sekolah online, orang tua pun dapat sewaktu-waktu mengalami tekanan dalam membimbing anak selama pembelajaran daring.

Untuk itu, orang tua perlu membangun support system untuk mendampingi anak belajar di rumah. Orang tua bisa berdiskusi dengan anak, guru, dan sesama orang tua murid untuk mencari cara yang lebih kreatif agar anak tetap terpenuhi kebutuhan interaksinya.

Memanfaatkan Video Call

Menurut Shanti, orang tua dapat mencoba menjadwalkan pertemuan one-on-one antara anak dan guru secara daring, sekolah drive thru, dan memanfaatkan video call atau permainan online untuk mempertemukan anak dan temannya dalam kegiatan bersama.

Orang tua dan guru pun bisa melakukan asesmen awal sebelum memulai kegiatan belajar mengajar demi mencari tahu lebih lanjut soal kebutuhan belajar anak dan hal-hal yang dapat mendukungnya untuk belajar secara online.

Konsultasi dengan Psikolog

Jika anak maupun orang tua di rasa membutuhkan pendampingan dari profesional, hendaknya orang tua tak ragu untuk datang menemui psikolog.

Bahkan, sebaiknya orang tua dan anak berkonsultasi dengan psikolog sebelum anak maupun orang tua mengalami gangguan kesehatan mental akibat sekolah online ini.

“Psikolog juga termasuk support system untuk keluarga selama belajar di rumah” katanya.

Sistem pembelajaran daring seperti sekarang ini tentu tidak dapat secara utuh menggantikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Namun, sebenarnya kegiatan belajar mengajar online memiliki beberapa keuntungan.

Penggunaan teknologi juga memungkinkan siswa untuk mendapatkan informasi yang lebih luas melalui internet.

Sumber: parapuan.co

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *