Berbagai Alasan Berat Badan Bayi Tidak Naik, Simak Penjelasanya

Beragam Alasan Berat Badan Bayi Tidak Naik

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa menyebabkan berat badan bayi tidak naik atau sulit bertambah:

1. Bayi jarang menyusu
Bayi yang baru lahir perlu menyusu setidaknya setiap 2-4 jam sepanjang hari selama 6–8 minggu pertama kelahirannya. Frekuensi menyusu yang kurang dari seharusnya dapat menyebabkan berat badan tidak naik.

2. Durasi menyusu yang singkat
Bayi seharusnya menyusu setidaknya selama 8–10 menit pada tiap sisi payudara. Durasi menyusu yang terlalu singkat juga dapat membuat berat badan tidak naik. Hal ini juga bisa terjadi karena bayi merasa lelah dan tertidur sebelum mendapatkan ASI yang cukup.

3. Posisi menyusu yang tidak nyaman
Posisi menyusui bayi yang tidak nyaman atau perlekatan yang kurang tepat juga bisa memengaruhi asupan ASI. Misalnya, bibir bayi hanya menempel pada puting atau ketika lidahnya tidak berada di bawah puting saat menyusu. Hal ini bisa menghambat bayi saat mengisap ASI.

4. Produksi ASI rendah atau tertunda
Beberapa ibu menyusui bisa mengalami keterlambatan produksi ASI atau ASI yang keluar sedikit. Hal ini dapat memengaruhi jumlah ASI yang diterima bayi saat menyusu. Akibatnya, asupan nutrisi bayi tidak dapat terpenuhi sehingga berdampak pada tumbuh kembang bayi, termasuk berat badannya.

5. Gangguan pencernaan
Berat badan bayi yang sulit naik juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang mengalami masalah pada pencernaannya, seperti diare, asam lambung, atau intoleransi makanan yang dikonsumsi ibu.

6. Pemilihan susu formula kurang tepat
Beberapa ibu tidak dapat memberikan ASI eksklusif secara penuh dan perlu dibantu dengan susu formula sesuai saran dokter. Namun, pemilihan susu formula dan cara penyajian yang kurang tepat dapat menyebabkan berat badan tidak naik. Pemberian susu formula tidak boleh dilakukan sembarangan.

Selain beberapa hal di atas, ada pula hal lain yang juga membuat berat badan sulit naik, misalnya ibu memiliki puting yang terlalu keras, terlalu besar, atau bahkan masuk ke dalam.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *