5 Kiat Menjaga Berat Badan Kamu saat Pergi Liburan

Menjaga Berat Badan

Saat liburan tentu kamu akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik, baik dari lokasi hingga jenis kuliner yang ada di daerah tersebut.

Hasilnya, terkadang liburan membuat berat badan kamu naik. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan saat liburan? Lakukan beberapa hal berikut ini, ya.

Sebenarnya kunci agar berat badan kamu tidak naik secara drastis ketika sedang menjalani liburan adalah membatasi asupan kalori yang masuk.

Membatasi asupan kalori bukan berarti kamu tidak boleh mencoba makanan khas yang ada di lokasi destinasi liburan. Namun, perhatikan beberapa cara ini agar kamu dapat menjaga berat badan selama liburan:

1. Perhatikan Asupan Ketika Sarapan

Sebaiknya saat kamu berlibur, jangan lupa untuk memulai hari dengan sarapan. Mengonsumsi sarapan yang tepat bisa menjadi asupan kalori yang cukup untuk kamu menjalani aktivitas seharian ketika berlibur.

Ketika kamu melewatkan sarapan saat berlibur, kamu akan melakukan aktivitas dengan rasa lapar. Kondisi ini meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan dan berlebihan.

Sebaiknya lakukan sarapan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan sera. Dengan begitu kamu akan merasakan kenyang lebih lama.

2. Jangan Menahan Lapar

Meskipun kamu tidak menginginkan kenaikan berat badan yang cukup drastis ketika berlibur, sebaiknya jangan biarkan tubuh merasa kelaparan. Tubuh yang kelaparan membuat kamu lebih mudah mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Persiapkan camilan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sehat. Kamu bisa membawa buah atau sayuran rebus sebagai camilan menjelang waktu makan.

3. Tetap Aktif Bergerak

Selain memperhatikan asupan dan porsi makan, tidak ada salahnya untuk tetap lakukan aktivitas fisik selama berlibur.

Kamu bisa perbanyak mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan menikmati keindahan lokasi liburan dengan berjalan kaki.

Selain dapat menurunkan tingkat stres, kegiatan ini juga dapat menjaga berat badan tetap stabil selama liburan. Jadi, selamat berlibur!

4. Mencukupi Waktu Tidur

Kurang tidur selama liburan dapat memicu kenaikan berat badan. Alasannya, tidur larut malam membuat seseorang lebih mudah lapar, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur, malah digunakan untuk mengonsumsi makanan berat atau camilan.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan metabolisme tubuh yang rendah akibat perubahan ritme sirkadian. Ritme sirkadian sendiri merupakan jam biologis tubuh yang mengatur banyak fungsi tubuh.

5. Konsumsi Makanan dengan Protein Seimbang

Sah-sah saja jika kamu mengonsumsi makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Protein juga mampu mengontrol berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, setidaknya konsumsi 25-30 gram protein setiap waktu makan. Makanan dengan protein tinggi yang dapat dikonsumsi, seperti daging, unggas, ikan, kacang-kacangan dan quinoa.

 

Sumber: halodoc.com

 

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *