Manfaat Kunyit untuk Penderita Asam Lambung

Fakta Mengobati Usus Buntu dengan Kunyit

Manfaat kunyit mengandung kurkumin, senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker.

Berkat senyawa ini, kunyit di ketahui dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung.

Kemudian mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh luka pada lambung. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mual, kembung, dan muntah.

Selain beberapa gangguan pada lambung di atas, manfaat kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, melancarkan menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memelihara fungsi hati.

Memanfaatkan Kunyit untuk Asam Lambung

Selain di gunakan sebagai campuran bahan masakan, kamu juga bisa memanfaatkan kunyit dengan cara lain untuk meredakan asam lambung, yaitu:

Mengambil sari kunyit

Parut kunyit yang telah di bersihkan kemudian di peras hingga tersisa airnya saja. Air kunyit tersebut bisa Anda minum pada pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari sebelum tidur dalam keadaan perut kosong.

Jika Anda memilih untuk mengonsumsinya di pagi hari, berikan jeda waktu sekitar 30 menit sebelum sarapan atau mengonsumsi minuman lain. Lakukan selama 3–7 hari hingga perut terasa lebih nyaman.

Membuat teh kunyit

Saat ini, kunyit telah banyak di olah menjadi teh dan dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Sama seperti olahan kunyit lainnya, teh kunyit juga mengandung antioksidan dan antiradang yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung.

Mengonsumsi suplemen kunyit

Kamu bisa minum suplemen kunyit yang saat ini sudah banyak di jual secara bebas. Suplemen ini biasanya di lengkapi dengan kandungan piperine, yaitu senyawa yang dapat membantu penyerapan kurkumin dalam tubuh.

Meski demikian, Anda tetap di anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen kunyit guna memastikan efektivitas dan keamanannya.

Jika Anda berencana menggunakan kunyit sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit asam lambung, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter.

Dokter akan memeriksa riwayat penyakit Anda serta memberikan informasi mengenai efektivitas dan keamanan penggunaan kunyit untuk kondisi Anda.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *