Manfaat Vitamin D untuk Gigi dan Kesehatan Mulut

Manfaat vitamin D untuk gigi dan mulut dapat melindungi Anda dari masalah gigi dan gusi, serta mendukung kebersihan mulut.

Manfaat Vitamin D untuk Gigi dan Mulut

Selain meningkatkan kekuatan tulang, vitamin D juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Mencukupi kebutuhan vitamin tersebut dapat melindungi Anda dari masalah gigi dan gusi, serta mendukung kebersihan mulut.

Simak dalam ulasan di bawah ini mengenai kegunaan vitamin D untuk kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa keuntungan berikut ini menunjukkan betapa pentingnya asupan vitamin D yang cukup untuk kondisi gigi dan mulut:

Vitamin D Mencegah Kerusakan Gigi

Berdasarkan Very Well Health, kerusakan gigi merupakan kondisi kronis yang paling umum dialami anak-anak. Kondisi ini dapat dicegah jika si kecil memperoleh asupan vitamin D yang seimbang.

Vitamin D membantu sistem pencernaan menyerap kalsium dari makanan. Bersama fosfor, kalsium merupakan mineral penting yang membentuk serta memelihara struktur tulang dan email (lapisan terluar gigi).

Di bawah email, terdapat dentin yaitu bagian paling tebal dari jaringan gigi yang mengandung sel-sel hidup. Sel tersebut digunakan tubuh untuk melindungi suplai darah dan saraf gigi. Sel “penjaga” ini berfungsi memperbaiki dentin yang rusak.

Untuk menjalankan fungsinya, sel-sel tersebut membutuhkan asupan vitamin D yang cukup.

Jika kadar vitamin D rendah, sel tersebut tidak dapat melindungi dan memperbaiki gigi yang terinfeksi. Akibatnya, kerusakan gigi berisiko tinggi terjadi.

Vitamin D Mencegah Peradangan

Manfaat vitamin D untuk gusi adalah mencegah gingivitis. Kondisi ini merupakan peradangan pada jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva.

Gingivitis dapat menyebabkan gusi meradang dan berdarah. Ketika mengidap gingivitis, hal tersebut tidak hanya mengindikasikan kesehatan mulut yang buruk namun juga sistem kekebalan yang terganggu.

Pasalnya, mulut merupakan area berlangsungnya interaksi yang intens antara mikroba dan sel kekebalan tubuh, seperti halnya pada usus.

Dokter gigi Wiena Manggala Putri menjelaskan, vitamin D dapat mencegah terjadinya radang gusi.

“Karena, ada sifat antiinflamasinya dan berperan dalam sistem imun. Dengan adanya vitamin D yang cukup, respons imun yang meningkat akan mampu melawan bakteri,” jelasnya.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Dengan mencegah terjadinya kerusakan gigi maupun radang gusi, vitamin D sekaligus berperan menjaga kebersihan mulut. Gigi dan gusi yang sehat meminimalisir risiko bau mulut.

Menjaga Asupan Vitamin D

Ada beberapa cara untuk mengelola asupan vitamin D secara optimal. Pertama adalah mengubah gaya hidup.

Tinggalkan gaya hidup malas bergerak atau sedenter. Gaya hidup sedenter tidak hanya memperburuk kondisi kesehatan, namun juga menghambat produksi vitamin D di dalam tubuh.

Vitamin D di dalam tubuh terbentuk ketika sinar matahari mengenai kulit. Oleh karena itu, biasakanlah berjemur minimal 30 menit per hari.

Anda bisa melakukannya sembari berolahraga di ruangan terbuka. Agar hasilnya optimal, biarkan wajah dan lengan terkena paparan sinar matahari.

Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin D3 seperti Ikan, daging, telur, maupun keju. Sumber vitamin D3 berfungsi memperkuat gigi.

Beberapa kondisi seperti masalah pencernaan dan kekebalan maupun gangguan hati dapat memengaruhi proses pengolahan vitamin D di dalam tubuh.

Jika mengalaminya, konsultasikan dengan dokter guna memperoleh penanganan lanjutan sesuai kondisi. Itu dia deretan manfaat vitamin D untuk gigi dan mulut.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *