Cara Menurunkan Kadar Gula Melalui Kebiasaan Harian

Menurunkan Kadar Gula dalam Tubuh

Setiap orang perlu menjaga dan menurunkan kadar gula di dalam darahnya untuk tetap normal. Jika terus berlebihan, tentu dapat meningkatkan risiko untuk mengalami beberapa penyakit berbahaya, salah satunya adalah diabetes.

Penting bagi semua orang memastikan kadar gula di dalam darahnya untuk tetap normal, terutama untuk seseorang yang mengidap diabetes atau pra-diabetes.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat beberapa kebiasaan tidak sehat yang dilakukan sehari-hari dan menyebabkan penambahan berat badan terjadi yang akhirnya kadar gula di dalam tubuh meningkat. Diketahui jika berat badan berlebih dapat membuat kadar gula naik.

Maka dari itu, penting untuk melakukan beberapa kebiasaan yang sehat sebagai cara untuk menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Kamu dapat melakukan kebiasaan ini secara rutin baik harian atau mingguan agar kadar gula tetap terkendali.

Hal ini juga sangat baik dilakukan untuk pengidap diabetes agar lebih baik. Nah, berikut beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan:

1. Berolahraga secara Teratur

Salah satu cara menurunkan kadar gula di dalam tubuh yang berlebih dengan rutin berolahraga secara teratur.

Kebiasaan ini membantu tubuh untuk mendapatkan dan/atau mempertahankan berat badan yang ideal, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Jika insulin lebih sensitif, berarti sel-sel tubuh lebih mampu mengolah gula yang ada di dalam aliran darah.

Olahraga juga membantu otot menggunakan gula di dalam darah yang diubah menjadi energi dan kontraksi otot.

Ada banyak jenis latihan yang membuat gula darah menurun apabila dilakukan secara rutin, antara lain jalan cepat, jogging, lari, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan aktivitas fisik secara rutin setiap hari.

2. Batasi Asupan Karbohidrat

Kamu juga perlu membatasi asupan karbohidrat sebagai cara untuk menurunkan kadar gula agar tidak berlebih.

Hal tersebut karena tubuh memecah karbohidrat menjadi gula, dan kemudian insulin membantu tubuh untuk menggunakan dan menyimpan gula agar dapat dipakai menjadi energi. Saat makan terlalu banyak karbohidrat, kadar glukosa dapat meningkat dengan cepat.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menghitung karbohidrat yang terkandung dalam makanan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan harian.

Perencanaan makan yang tepat meningkatkan tingkat keefektivitasan dalam pengelolaan gula darah. Maka dari itu, pastikan untuk menerapkan diet rendah karbohidrat agar kadar gula darah terkendali dan mencegah terjadinya lonjakan tiba-tiba.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Kamu juga perlu memastikan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih setiap hari sebagai cara untuk menjaga dan menurunkan kadar gula darah. Cara ini dapat membantu ginjal untuk membuang kelebihan gula di dalam urin.

Pada suatu penelitian disebutkan jika minum air putih lebih banyak dapat menurunkan risiko untuk memiliki kadar gula darah yang tinggi. Hal ini juga sekaligus menurunkan risiko terkena diabetes.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Rutinitas ini ternyata bukan hanya dapat menjaga kadar gula untuk tetap stabil, tetapi juga memberikan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan rutinitas ini setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *