Nutrisi untuk Membentuk Imunitas Tubuh Setelah Vaksinasi

Vaksin COVID-19 memang akan membantu tubuh untuk membentuk imunitas terhadap virus Corona. Agar daya tahan tubuh tetap kuat setelah vaksinasi, Anda perlu mencukupi asupan beberapa nutrisi berikut ini:

1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu sistem imun bekerja lebih baik dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Vitamin ini banyak terdapat dalam sayur dan buah, seperti jeruk, jambu biji, kiwi, cabai, stroberi, tomat, dan brokoli.

2. Minum Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam meningkatkan respons imun, sehingga tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik. Selain itu, vitamin ini juga diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan di dalam tubuh dan infeksi saluran pernapasan.

Jumlah asupan harian vitamin D yang disarankan adalah 400−1000 IU per hari, sesuai dengan kebutuhan.

3. Konsumsi Zinc

Zinc berfungsi untuk mengaktifkan sel darah putih yang berperan penting dalam kerja imunitas tubuh. Dengan mencukupi asupan mineral ini, sel-sel imun tubuh akan lebih mampu melawan berbagai bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus Corona.

4. Minum Vitamin E

Selain ketiga nutrisi di atas, vitamin E juga dapat memperkuat imunitas tubuh. Vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan kulit yang merupakan bagian terbesar dari innate immunity.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin E (alpha-tocopherol) pada lapisan kulit akan berkurang setiap harinya akibat paparan radikal bebas.

Dengan konsumsi vitamin E secara rutin, kekuatan kulit sebagai innate immunity dapat terjaga dengan baik. Kapsul lunak yang mengandung gelatin dari tulang rawan sapi ini sudah terbukti efektif dan aman untuk dikonsumsi.

Sebelum Anda mengonsumsi suplemen vitamin C, vitamin D, vitamin E, atau zinc, bacalah informasi yang tertera pada label kemasan produk dan perhatikan dosisnya.

Pastikan dosis yang Anda minum sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari mengonsumsi suplemen dalam dosis yang berlebihan, kecuali atas anjuran dokter.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara membentuk imunitas tubuh atau ingin mengonsumsi suplemen yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: alodokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *