Obat Sakit Mata Merah Alami yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk meredakannya, ada sejumlah cara yang bisa kamu coba obat sakit mata merah alami dan dengan obat-obatan medis.

Sakit Mata Merah

Sakit mata merah tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tapi juga cukup sering menimbulkan ketidaknyamanan.

Untuk meredakannya, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba, baik yang bersifat alami maupun dengan obat-obatan medis.

Berikut ini adalah obat sakit mata merah alami yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Basuh dengan air

Jika Anda mengalami sakit mata merah setelah mata Anda kemasukan benda asing, seperti debu atau pasir, segeralah bersihkan mata Anda dengan cara membasuhnya menggunakan air mengalir.

Setelah itu, cobalah berkedip beberapa kali hingga benda tersebut keluar.

2. Kompres hangat atau dingin

Namun, bila sakit mata merah akibat iritasi sampai menimbulkan pembengkakan, Anda bisa mengatasinya dengan kompres dingin.

Cara mengompres mata dengan air hangat maupun dingin hampir sama. Anda cukup merendam kain bersih atau waslap yang lembut di dalam air hangat atau dingin, lalu angkat dan peras.

Setelah itu, letakkan kain atau waslap tersebut pada area mata selama 10 –15 menit. Anda bisa melakukan kompres mata dengan cara ini sebanyak 2–3 kali sehari.

3. Usap dengan air mawar

Tidak hanya berguna untuk merawat kecantikan kulit, air mawar juga dapat membantu mengatasi keluhan sakit mata merah.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Diamkan kompres pada mata selama sekitar 20 menit.

4. Bilas dengan kantung teh

Studi menyebutkan bahwa kantung teh memiliki banyak manfaat untuk mengatasi keluhan pada mata, mulai dari mata panda, bintitan, hingga mata merah.

Untuk meredakan sakit mata merah, Anda bisa coba mengompres mata dengan kantung teh calendula, teh chamomile, atau teh hijau, karena jenis teh ini memiliki sifat antiradang yang baik untuk mengurangi pembengkakan sekaligus iritasi mata.

Penanganan Sakit Mata Merah dengan Obat Medis

Untuk mengobati mata merah yang Anda alami, dokter perlu memastikan dulu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan mata.

Antibiotik

Jika sakit mata merah Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik berupa obat tetes mata, salep mata, atau obat yang diminum.

Antibiotik juga biasanya diberikan untuk mengatasi berbagai penyakit pada mata, seperti blefaritis, konjungtivitis, ulkus kornea, dan uveitis, yang menimbulkan keluhan mata merah, nyeri, gatal, bernanah, dan bengkak.
Antihistamin

Antihistamin biasanya digunakan untuk mengatasi sakit mata merah yang disebabkan oleh alergi.

Obat mata tetes

Contohnya adalah obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride. Zat ini bekerja dengan cara mengempiskan pembuluh darah mata yang bengkak, sehingga keluhan mata merah dapat teredakan.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, pastikan Anda menggunakan obat tetes mata sesuai anjuran dokter atau petunjuk yang tertera pada kemasan.

Hindari memakai obat tetes mata terlalu sering, karena hal ini justru dapat memperparah iritasi mata. Itulah beragam cara mengatasi sakit mata merah.

Sumber: alodokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *