Mual Merupakan Gejala Gula Darah Turun? Begini Penjelasannya

Gula Darah Rendah Bikin Mual

 

Hipoglikemia atau gula darah rendah dapat dialami penderita diabetes maupun orang yang tidak mengidap penyakit metabolik tersebut.

Seseorang disebut mengalami hipoglikemia jika hasil pemeriksaan kadar gula darah berada di bawah takaran normal 70 mg/dL. Kondisi ini dapat menyebabkan mual.

Bagaimana mual karena gula darah rendah terjadi?

Mual karena Gula Darah Turun

Insulin merupakan hormon yang membantu sel tubuh menyerap gula darah menjadi energi. Ketika hormon insulin meningkat dan menyerap gula darah secara tidak seimbang, hipoglikemia bisa terjadi.

Kondisi ini bisa muncul setelah makan, terutama jika tubuh memproduksi banyak insulin dan menyerap gula darah secara tidak seimbang.

Padahal, gula merupakan sumber energi yang penting bagi sel tubuh. Tanpa asupan gula yang cukup, tubuh tidak dapat berfungsi normal. Dokter Reza Fahlevi mengatakan hal ini juga berpengaruh pada sel pencernaan.

Baca : Cara Menurunkan Kadar Gula Melalui Kebiasaan Harian

“Kita tahu gula itu penting untuk sumber energi untuk otak, otot, juga sel-sel yang ada di saluran pencernaan. Itulah mengapa ketika orang mengidap hipoglikemia, sel-sel di otak dan saluran cerna mengalami kekurangan gula dan energi, sehingga muncul gejala mual,” jelasnya.

Melansir Very Well Health, rasa lapar yang teramat dan mual dapat terjadi bersamaan pada penderita hipoglikemia.

Ketika gula darah rendah, kondisi ini memicu respons fight-or-flight (mekanisme respons tubuh saat menghadapi stres). Akibatnya, terjadi banjir adrenalin.

Tubuh menciptakan lonjakan adrenalin guna memindahkan glukosa di dalam aliran darah dengan cepat. Namun, lonjakan adrenalin justru menyebabkan efek samping salah satunya mual.

Selain menjadi penyebab mual, lonjakan adrenalin memicu efek samping gula darah rendah lainnya seperti berkeringat, gemetar, dan cemas.

Cara Mengatasi Mual karena Gula Darah Turun

Mual merupakan salah satu gejala gula darah rendah. Bila fluktuasi kadar gula darah terjadi cukup sering, segera hubungi dokter.

Dokter akan membantu mendiagnosis penyebab dan cara menangani gula darah agar kembali ke kisaran normal.

Itu dia penyebab mual karena gula darah turun. Mengatasi gula darah rendah sangatlah penting untuk mencegah komplikasi akibat hipoglikemia.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *