Syarat Penerima Vaksin Moderna untuk Umum dan Penderita Autoimun

Syarat Mendapatkan Vaksin Moderna

Apa saja syarat penerima vaksin Moderna untuk umum dan penderita autoimun? Vaksin Moderna tersedia untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Pemerintah Indonesia telah menerima hibah vaksin COVID-19 Moderna dari Covax Facility sebanyak 8 juta dosis. Sebagian dosis sudah diberikan kepada tenaga kesehatan dan penunjang kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah mengeluarkan kebijakan penggunaan vaksin moderna diberikan kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Hal ini sesuai dengan peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kondisi immunocompromised termasuk orang dengan gangguan autoimun, penderita kanker, gagal ginjal, dan lain-lain.

Vaksin Moderna untuk Penderita Autoimun

dr. Valda Garcia, ada satu penelitian yang menunjukkan orang dengan immunocompromised tidak dapat menerima vaksin jenis lain selain vaksin mRNA, seperti vaksin Moderna dan Pfizer.

“Tapi, sebaiknya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani,” ucap dr. Valda.

Menurut CDC, orang-orang yang mengalami gangguan sistem imunitas tingkat sedang hingga berat sangat rentan terhadap COVID-19. Karena, mereka lebih berisiko terkena kondisi medis serius yang berkepanjangan.

Studi menemukan beberapa orang yang punya masalah sistem imunitas sedang hingga berat tak selalu membangun tingkat daya tahan yang sama setelah vaksinasi.

Hal ini menunjukkan vaksin tidak selalu berfungsi baik pada penderita immunocompromised. Oleh sebab itu, CDC merekomendasikan pengidap immunocompromised sedang hingga berat untuk menerima dosis tambahan vaksin mRNA COVID-19 setidaknya 28 hari.

Penyuntikannya setelah dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna. Jadi, ia dapat membangun sistem kekebalan yang lebih memadai terhadap COVID-19.

Penerima Dosis Ketiga pada Penderita Gangguan Kekebalan

Mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin tidak cukup terlindungi dengan vaksin COVID-19 yang ada saat ini, kata pejabat kesehatan AS.

Regulator AS harus memberikan izin penuh pada vaksin-vaksin COVID-19 atau mengubah izin penggunaan darurat mereka sebelum dosis tambahan direkomendasikan.

Sebuah panel penasihat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan bertemu pada Jumat untuk membahas kelayakan pemberian dosis penguat pada penderita gangguan imun.

Syarat penerima vaksin moderna atau dosis ketiga, mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah harus berkonsultasi dengan dokter mengenai keadaan tubuh dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Sumber: klikdokter.com

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *