Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain menjalankan protokol kesehatan, sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi virus corona. Mengapa demikian?

Sistem imun yang akan menjadi “pasukan utama” ketika tanpa sengaja kamu terpapar virus, termasuk COVID-19 dan agen penyebab infeksi lainnya.

Tanpa sistem imun yang bagus, kamu berisiko mengalami gejala berat atau bahkan berakhir dengan kematian saat terinfeksi.

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan mengonsumsi nutrisi lengkap dan seimbang setiap hari.

Selain karbohidrat, lemak baik, dan protein, perhatikan juga kecukupan vitamin dan mineral sesuai kebutuhan kamu.

Deretan Vitamin untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Multivitamin dan mineral bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Yang pada akhirnya dapat membantu tubuh menangkal serangan virus corona dan penyakit lainnya.

1. Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu antioksidan penting untuk menguatkan sistem imun. Jenis nutrisi ini akan membantu Anda terhindar dari infeksi atau memperpendek masa infeksinya.

Apabila kekurangan, Anda akan lebih berisiko untuk terinfeksi. Berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk, anggur, stroberi, kale, bayam, dan juga brokoli.

2. Vitamin D3
Vitamin yang harus dikonsumsi saat pandemi COVID-19 berikutnya adalah vitamin D. Salah satu jenis dari vitamin D adalah vitamin D3. Jenis ini memiliki banyak manfaat dan lebih mudah diabsorpsi oleh tubuh.

Selain itu, vitamin D secara umum berperan sangat penting dalam sistem imun.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan kadar vitamin D di dalam darah berbanding terbalik dengan tingkat keparahan gejala pasien virus corona.

Artinya, ketika kadar vitamin D seseorang rendah, mereka berpotensi mengalami gejala yang berat ketika terpapar COVID-19, dan begitu pula sebaliknya.

Kamu bisa memperoleh vitamin ini dengan berjemur di bawah sinar matahari atau dengan mengonsumsi makanan seperti ikan salmon, tuna, susu, dan kuning telur.

3. Zinc
Zinc adalah mineral yang penting bagi berbagai fungsi tubuh. Dalam hal menjaga daya tahan tubuh, zinc berperan untuk memperkuat sistem imun, membantu proses penyembuhan, melawan infeksi, dan mendukung proses pertumbuhan tubuh.

Mineral ini sejak lama digunakan sebagai salah satu terapi flu dan batuk. Zinc juga mudah dijumpai dalam daging sapi dan ayam, kacang-kacangan, serta yoghurt.

Sehatmania.com merupakan situs berita yang mengulas tentang berita kesehatan, kecantikan, olahraga, gaya hidup di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *